Suatu hari yang redup tak ada matahari 2 insan sedang ngobrol serius ini saya kutip obrolanya

A : Maasss bisa ajarin saja rogo sukmo ga…..???

B : Buat apa rogo sukmo….???!!

A : Untuk melihat kebesaran kebesaran Allah SWT

B : Lahhhh mas kalau mau lihat kebesaran Allah ga usah rogo sukmo tapi rabalah badan mas sendiri dengan tafakur, saya rasa alasan mas ini terlalu klise,…..

A : hehehehehehe begitu ya mas…..??

B : Apakah mas pernah belajar rogo sukmo ….???

A : yaaa mas dulu saya sempat belajar di padepokan xxx kena mahar 2 juta rupiah tapi hasilnya nihil…

B : lhaaaa mahal amaaattt kok nihil, temanku pernah ikut gemblengan di padepikan yyy cuma 26.600,- rupiah

A : ohhhh yaaa mas aku tahu itu padepokan yyy masternya iii kan….??

B : yaaa bener….. kenapa kamu ga ikut waktu gemblengan itu mas……???

A : meragukan sihhh mas abis maharnya murahan saya kan penginya yang bener-bener hebat sepertinya kan 2 jt rupiah luar biasa dan jarang orang yang turut belajar,…

B : ohhhhhh jadi kamu lebih seneng ditipu dari pada dijujuri yaaa….??

A : maksudnya mas…???

B : hahahahha lha wong kamu 2 jt ga bisa apa2 cuma dapet keris kecil yang diklender 10.000,- dapet 3 hahahaha….

A : heheheheheheehe….. ya juga sihhhhh mas

B : itulah orang indonesia bukan mau yang asli tapi maunya yang MAHAL padahal yang ASLI ga perlu MAHAL

karena saya yakin guru yang sejati tidak akan mengkomersilkan kemampuanya, hanya sebagai bentuk ganti ritual ataupun pembelian peralatan, dan pengganti waktu dia, coba bandingkan dengan waktu belajar beliau….

A : yaaaa yaaa yaaa bener sihhh mas….

B : emang bener orang indonesia itu biasanya bangga kalau dapet barang mahal, nahhh para dupa ( DUKUN PALSU ) memanfaatkan itu, makanya mereka brani pasang iklan dengan mahar jutaan rupiah,,,,,, untuk menarik pasien dengan berfikir “inimah pasti bener becase maharnya mahal” hehehehehehe padahal selama kamu belajar rogo sukmo di padepokan xxx kamu ga ketemu kan dengan guru besarnya kan hehehehehe…???

A : yaaaa mas saya cuma ketemu asisten, terus di kasih amalan dikasih keris kecil abis itu suruh pulang ntar sampai rumah suruh dicoba, aduhhhh yaa aaaaa bener sihhh mas omongan sampean

B : hehehehehehe mudah2an menjadikan IBROH untuk kita semua yang berfikir amien….

A : Amien …..