Mengatur Waktu serta menyusun rencana yang efektif ternyata nggak semudah yang kita pikirkan. Mungkin jauh2 hari kita telah merencanakan waktu melakukan sederetan aktifitas, namun ternyata nggak sesuai deengan yang kita harapkan. youp,. itu dia penting nya mengelola waktu dengan tepat!!!

Mengelola waktu memang masalah klasik dihadapi oleh siapapun yang ingin selalu lebih produktif, efektif, sekaligus efisien. kesuksesan pun nggak pernah mengabaikan dimensi waktu. Dengan kata lain waktu menjadi salah satu para meter kesuksesan atau nilai dari sesuatu. untuk itu kita perlu belajar bagaimana mengatur waktu serta menyusun rencana agar dapat berjalan lebih efektif dan efisien.

Hal pertama yang dapat kita lakukan adalah memulai dengan mengindentifikasi bagaimana kita menghabiskan waktu sepanjang hari. jika banyak yang terbuang sia2, aturlah kembali aktivitas kita untuk dapat melakukan yang lebih maksimal dalam setiap menitnya. setelah itu mari ikuti langkah di bawah ini:

  1. susunlah rencana aktifitas yg harus anda lakukan berikut prioritas tujuan utama. pilah aktifitas dari yang terpenting sampai yang kurang penting. anda dapat menggunakan notes untuk membantu mengingatkan anda.
  2. Perkirakan berapa banyak waktu yang akan tersita untuk dpt menyelesaikan setiap aktifitas. Hal yg nggak boleh di lupakan adalah menjadwalkan waktu istirahat atau bersantai. kurang istirahat dapat membuat tujuan anda menjadi kurang optimal.
  3. cobalah untuk mendelegasikan beberapa tugas kepada orang lain yang bs mengerjakan nya. dengan begitu anda dapat mengerjakan tugas dengan maksimal. jangan lupa tulis nama2 mereka di setiap tugas yg akan anda delegasikan.
  4. Prioritaskan tugas2 anda dengan menempatkannya dalam urutan terpenting. jika anda mengalami kesulitan menentukan apa yang paling penting, tanyakan pada diri anda, apa yg perlu di lakukan untuk memenuhi kebutuhan dasar saya? apakah saya memiliki tenggat waktu? jika sudah demikian,menentukan prioritas menjadi lebih mudah.
  5. ingat jangan pernah menunda waktu atau rencana anda karena kebiasaan menunda bak monster melahap waktu dalam diri sendiri. bila anda nggak mulai belajar komit dan melatihnya, di pastikan anda akan selalu berada pada situasi kritis, melakukan pekerjaan  terburu2 karena desakan waktu, nggak dapat fokus dan maksimal mengerjakannya. bahkan anda dapat mengalami streess..
  6. yang terpenting, berpegang teguhlah pada rencana anda. jadwal yang anda buat dapat terlaksana dengan benar hanya jika anda komit dengan hal itu. jangan sekali2 mengacuhkan jadwal itu atau menggantinya. namun jika ada kegiatan yg sangat penting, maka anda boleh tiba2 mencantumkannya untuk mengganti kegiatan yg kurang penting dan masih bisa di tunda,.

jangan sampai kita membiarkan waktu berlalu begitu saja tanpa hasil karya apapun karena waktutidak akan dapat di putar kembali….

ashid…