• Buat seorang anak “whai anak2ku janganlah sekali2 kalian menilai perilaku orangtua kalian baik maupun bruk mreka tetap wasilah bagi kalian, ridho Allah brsama dg ridho mreka. benci mrka brsama dg bnci Allah”.
  • Buat para orgtua “whai kalian yg tlah mnjadi orgtua, janganlah sekali2 kalian tunjukkan perbuatan bruk kalian didpan ank2 kalian dan slalu berbuatlh yg terpuji dpn ank2 kalian, krn kalian adlah tauladan terdekat bagi ank2 kalian, didiklah mreka dengan segala kemampuan kalian, dekatkan mreka dengan agamanya. janganlah sekali2 kalian hina atau caci anak2 kalian dengan kata2 yang kotor atau buruk. karena mereka adalah amanat Allah yang harus kalian jaga dan kalian pertanggung jawabkan kelak dihadapan Allah”
  • Buat seorang istri “wahai para istri jagalah kehormatan suamimu, jangalah sekali2 kau khianati kepercayaan nya, jagalah harta suamimu, jangalah sekali2 kau pergunakan tanpa seijin dia krena dia adalah penanggung jawabmu didunia dan kelak di akherat.. sejelek apapun suamimu jangalah kau buka aib dia karena agama melarangnya.
  • Buat seorang suami “wahai para suami jagalah istri2 kalian, janganlah kau sia2kan mereka karena wanita adalah makhluk yang lembut yang harus kalian jaga dan kalian sayangi, berilah mereka makan, minum, pakain dan tempat tinggal yang layak karena mereka adalah kehormatan kalian, janganlah sekali2 kalian buka aib mereka atau kalian jelek2kan mereka kepada oranglain, andai sudah tidak suka lepaskanlah dengan baik karena Allah bukan karena nafsu kalian, hiburlah mereka karena mereka telah menjaga harta dan anak2 kalian, berilah mereka pendidikan agama, dan jangan kau benci mereka karena mereka telah memberi kalian kenikmatan.janganlah kalian tunjukkan keburukan kalian didepan mereka karena mereka akan membals yang lebih kepada kalian karena kalian adalah tauladan bagi seorang istri.
  • Buat seluruh manusia “janganlah kalian menilai orang sebelum kita perbaiki diri kita, jangan kau tegur orang jika kau tidak mau ditegur, jangan kau rampas hak2 oranglain jika hak2 mu tidak mau dirampas, ingatlah bahwa kita hidup saling membutuhkan dan saling mengisi, dan semua perbuatan kita ada catatan nya kelak akan kita pertanggung jawabkan di hadapan Allah”
  • Buat orang2 kaya “wahai kalian orang2 kaya, janganlah kalian sombong dengan harta kalian karena itu semua pemberian Allah, janganlah kalian gunakan harta kalian untuk kemaksiatan karena fakir miskin masih banyak yang menanti uluran tangan kalian, karena disana ada amanat Allah untuk mereka..
  • Buat orang miskin “janganlah kalian bersedih karena kalian miskin, ketahuilah bahwa Allah dan Rosul Nya selalu bersama kalian, kecintaan Allah ada pada kalian
  • Buat orang tampan dan cantik “janganlah kalian sombong dengan ketampanan atau kecantikan kalian, karena itu semu belaka, kelak akan mengalami masa tua dan keriput. dan Allah tidak melihat fisik kalian akan tetapi akhlak dan keluhuran budi yang jadi jaminan dan penolong kita”.
  • Buat para ulama’ “wahai para ulama’ berpegang teguhlah kalian dengan hukum2 Allah, janganlah sekali2 kau jual belikan hukum2 Allah, ayat dan hadist jangan cuma diambil yang manfaat bagi diri kalian. sampaikan kebenaran walau terasa pahit, bukankah kalian tau bahwa Allah dan Rosul adalah nikmat yg tiada tara, janganlah kalian cuma duduk dengan orang2 kaya, karena Rosul juga mengamanatkan bagi kita orang2 miskin, janganlah kalian mengadu domba umat karena sesuungguhnya mereka butuh nasehat yang sejuk. ajari mereka beribadah bukan ajari mereka mencaci orang lain, buka pintu rumah kalian bagi semua orang karena Allah angkat wali2 beliau dari semua golongan. jangan kau hinakan diri dengan bermanis2 ria dg umara’, jangan takut karena Allah bersama kalian. buanglah sifat iri, dengki, hasut, sombong, riya’ karena itu akan merusak perilakumu, ingatlah agamamu adalah penganyon umat, bukan tempat meraup kekayaan dan berebut murid.

Buat para ummat “wahai umat Muhammad SAAW, janganlah kalian ikut campur urusan ulama’ yang berselisih paham, janganlah kalian ikut berbicara ketika kalian belum bisa menjelaskan, janganlah kalian bermusuhan satu sama lain karena kita semua bersaudara. belajar lebih baik jika kalian tidak paham, jangan asal bicara jika tidak paham. hentikan perdebatan yang tidak bisa di pertanggung jawabkan. isilah rumahmu dengan bacaan Alqur’an, tinggalkan majlis2 yang merusak hati kalian, dekati majlis2 yang membuat hati kalian tenang